- Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Baru-baru ini menerbitkan buku saku Tanya jawab rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) revisi terbaru thun 2020. Sebagaimana kita ketahui bersama, terkait dengan Penyederhanaan RPP, Mendikbud sudah memberika pola untuk guru yang tertuang pada surat edaran mendikbud nomor 14 tahun 2019.
Secara singkat tiga komponen inti yang harus dimuat dalam RPP dituliskan dalam buku saku ini melalui tanya jawab yang bisa rekan-rekan guru jadikan rujukan dalam penulisan RPP. Berikut guru-id tuliskan klarifikasi perihal komponen inti pada format rpp revisi terbaru 2020
DOWNLOAD CONTOH :1. rpp 1 lembar Kelas 1 2 3 4 5 6 Semester 1 dan 2 Revisi Terbaru - Selengkapnya
2. rpp 1 lembar Sekolah Menengah Pertama Kelas 7 8 9 Semester 1 dan 2 Revisi Terbaru - Selengkapnya
3. rpp 1 lembar Sekolah Menengan Atas Kelas 10 11 12 Semester 1 dan 2 Revisi Terbaru - Selengkapnya
Tanya
1. Apa yang dimaksud dengan Tujuan Pembelajaran
JawabTujuan pembelajaran yaitu rumusan kemampuan yang harus dicapai oleh akseptor didik meliputi sikap, pengetahuan, dan keterampilan.
A. Tujuan Pembelajaran menurut Behaviourism TanyaApa saja komponen tujuan pembelajaran?
JawabDalam behaviourism, komponen tujuan pembelajaran terdiri atas audience (A), behaviour (B), condition (C), dan degree (D). Namun demikian, dalam konteks bahan dan kemampuan tertentu komponen degree (D) bisa saja tidak ada.
TanyaApa yang dimaksud dengan audience, behaviour, condition, dan degree?
JawabAudience yaitu siswa (peserta didik), yakni siapa yang mengikuti proses pembelajaran. Behaviour yaitu sikap siswa yang sanggup diamati selama mengikuti proses pembelajaran. Rumusan sikap ini berupa kata kerja aktif. Condition yaitu persyaratan yang harus dipenuhi, sehingga sikap yang diperlukan sanggup ditunjukkan oleh siswa. Degree yaitu tingkat keberhasilan pencapaian sikap yang sanggup berbentuk kecepatan, ketepatan, kuantitas, dan/atau kualitas, tetapi bukan nilai karakter.
TanyaSeperti apa contoh tujuan pembelajaran?
Jawab 1. Melalui aktivitas mengamati video daur air, siswa sanggup menjelaskan tahapan proses terjadinya hujan secara tertulis.
Audience: siswa
Behaviour: menjelaskan tahapan
proses terjadinya hujan
Condition: melalui aktivitas mengamati video daur air Degree: secara tertulis
2. Setelah melaksanakan gerakan pada permainan sederhana, siswa sanggup berjalan lurus ke satu arah dengan tepat.
Audience: siswa
Behaviour: berjalan lurus ke satu arah
Condition: sehabis melaksanakan gerakan pada permainan sederhana
Degree: dengan tepat
3. Melalui lagu, siswa sanggup memperkenalkan diri dengan menyebut nama panggilan.
Audience: Siswa
Behaviour: Memperkenalkan diri
Condition: Melalui lagu
Degree: Tidak ada
*Komponen ABCD tidak harus disusun berurutan menurut abjad
B. Tujuan Pembelajaran menurut Non- Behaviourism TanyaApa saja komponen tujuan pembelajaran?
JawabDalam non-behaviourism, komponen tujuan pembelajaran terdiri atas audience, behaviour, dan content
TanyaApa yang dimaksud dengan audience, behaviour, dan content?
JawabAudience yaitu siswa (peserta didik), yakni siapa yang mengikuti proses pembelajaran. Behaviour yaitu sikap siswa yang sanggup diamati selama mengikuti proses pembelajaran. Rumusan sikap ini berupa kata kerja aktif. Content yaitu bahan yang terdiri dari pengetahuan, sikap, dan keterampilan aneh (keterampilan berpikir kognitif) dan keterampilan konkrit (keterampilan kinestetik)
TanyaSeperti apa contoh tujuan pembelajaran?
Jawab Contoh tujuan pembelajaran: 1. Siswa sanggup menjelaskan tahapan proses terjadinya hujan melalui aktivitas mengamati video daur air.
Audience: siswa
Behaviour: menjelaskan
Content: tahapan proses terjadinya hujan
2. Siswa sanggup berjalan lurus ke satu arah pada permainan sederhana.
Audience: siswa
Behaviour: berjalan lurus ke satu arah
Content: permainan sederhana
3. Siswa sanggup memperkenalkan diri dengan menyebut nama panggilan.
Audience: Siswa
Behavior: Memperkenalkan diri
Content: Nama panggilan
Apa yang dimaksud dengan langkah-langkah pembelajaran?
JawabLangkah-langkah pembelajaran yaitu urutan aktititas pembelajaran yang terdiri atas pendahuluan, inti, dan penutup.
TanyaApa saja aktivitas yang harus dikembangkan pada setiap langkah pembelajaran?
JawabPendahuluan, berisi aktifitas guru dalam menyiapkan akseptor didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran yang sanggup dilakukan dengan cara memberi motivasi belajar, mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan apa yang akan dipelajari, menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai, dan memberikan cakupan materi.
Inti, berisi aktifitas siswa dalam proses pembelajaran untuk mencapai kompetensi dasar dengan memakai metode dan media pembelajaran serta sumber berguru yang diubahsuaikan dengan karakteristik akseptor didik dan tujuan yang akan dicapai. Aktifitas proses pembelajaran tersebut dilaksanakan secara tematik integratif.
Penutup, berisi aktifitas bersama antara guru dan siswa dalam melaksanakan refleksi untuk mengevaluasi seluruh rangkaian aktifitas dan hasil-hasil yang diperoleh dari proses pembelajaran yang telah berlangsung, menunjukkan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran, melaksanakan aktivitas tindak lanjut dalam bentuk tunjangan kiprah serta menginformasikan rencana aktivitas pembelajaran untuk pertemuan berikutnya.
TanyaApa yang dimaksud dengan penilaian pembelajaran?
JawabPenilaian pembelajaran yaitu proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk mengukur pencapaian hasil berguru akseptor didik.
Selengkapnya silahkan download dan baca buku saku RPP 1 Halaman dari kemendikbud format PDF melalui tautan Google drive dibawah ini.
Sumber https://www.guru-id.com/